Blogilicious Van Bandung

Blogilicious Van Bandung – merupakan acara akbar yang di nanti oleh para blogger khususnya wilayah Bandung dan sekitarnya di prakarsai oleh Idblognetwork digital media marketing agent iklan konvesional untuk perusahan dan instansi pemerintah. Acara ini disponsori juga oleh Berniaga.com selaku sponsor utama, dan juga di dukung oleh flexsi, OSK, kementrian pariwisata.

Blogilicious Van Bandung di adakan pada hari minggu 19 Juni 2011 bertempat di S28 Jl.Sulajana No. 28 Bandung. Acara yang di agendakan tepat pukul 9 ini sedikit terlambat dari jadwal yang telah di rencanakan, namun walau telat 40 menit semangat saya dan blogger yang lainnya tidak sulut memeriahkan hajatan blogger urang Bandung ini. Di acara ini saya mendapatkan banyak hal seperti teman baru dan juga wawasan baru. Seperti yang anda lihat di bawah ini adalah orang yang cukup membuat saya penasaran.

Selama pergelaran ini berlangsung saya berhasil menyunting foto-foto sederhana lewat jepret kameranya kang salman dan idblognetwork :).

Sesi pertama adalah Tips Blogging :
Jaman sekarang pasti yang namanya ngeblog sudah bukan hal yang aneh, untuk membuat blog saja saat ini segampang membuat mi Instan, namun untuk membesarkan sebuah blog itu pekerjaan yang menyita waktu. Banyak dari blogger-blogger kita yang kurang memperhatikan hal-hal yang dasar di keseharianya disini kang Ikhlasulamal berdiri memperagakan bagaimana sih cara ngeblog yang baik, serta kiat-kiat apa sih yang harus di budidayakan dan di tinggalkan sehingga menjadi sebuah kekuatan bagi kita. Setelah saya perhatikan materi ini lebih memfokuskan pada optimasi photo karena memang mangkuk ini belum begitu di perhatikan oleh para blogger. Kata-kata kang Ikhlasulamal yang membekas di hati saya adalah ingatah kebanyakan orang mencari gambar itu di google image bukan di web search, jadi optimasikan gambar di situs kita dengan memasang alt tab serta memberi nama keyword pada gambar yang di upload

Sesi kedua Etika Nge-blog :
Banyak dari kita yang tidak tau apa sih etika ngeblog itu? Lalu adakah peraturannya? Lalu bagaimanakan cara ngeblog yang baik, tidak melanggar etika? Untuk menjawab itu Raden Ajeng menjadi seseorang yang tepat di materi ini karena berasal dari lembaga pendidikan (Dosen). Wah ternyata dosen ngeblog juga? Ia donk.. 😀
Dalam peragaanya Ibu Ajeng mengenalkan tentang undang-undang ITE beserta Isi nya secara garis besar, Jadi dalam ngeblog itu kita ga boleh sembarangan loh karena menyangkut hukum juga. Walaupun udang-undang blogger tidak penah ada namun kita harus menamkan pada diri kita untuk menjadi blogger yang baik dan cinta damai. Blog yang sehat adalah blog yang berkualitas dan blog seorang blogger yang Besar adalah dia blogger yang beretika.

Sesi Ke tiga Social Media :
Facebook, Twitter, Myspace dll merupakan social media yang terkenal saat ini di susul oleh google Buzz. Sosial media saat ini bukan menjadi bagian terpenting dalam pemasaran baik oleh perusahaan maupun oleh seorang blogger dalam mendulang trafik dan keuntungan. Materi ini di peragakan oleh Wiwik orang yang berpengalaman dan berkopenten di bidangnya karena jasanya di kontrak oleh perusahaan-perusahaan ternama untuk membaca trend di jejaring. Mbak wiwik pun mengenalkan kepada saya mengenai pentingnya pemanfaatan jejaring sosial baik untuk membaca trend maupun untuk menghasilkan uang dengan menjadi seorang Buzzer. Inipun menjadi pengetahuan baru dalam Blogilicious Van Bandung

Sesi Ke lima “Enterpreuner Blog” :
Menjadi Wirausaha tidak harus dilakukan di dunia nyata loh, Dan Pak Rawi membuktikannya dengan menjadi Enterpreuner Blog. Dalam kajiannya Pak Rawi mengajarkan kepada kita Tips-tips bagaimana menjadi seorang wirausaha hanya dengan modal ngeblog. Tentu itu harus di dukung dengan semangat, Ide, Kreatif, dan juga peluang. Dunia blog saat ini memasang padat merayap, bagai musim duren, semua orang jual duren dan saat ini pun di dunia blog semua orang ngebahas hal yang sama itu-itu saja paling hanya di beri sedikit pemanis di awal, di tengah atau di akhir artikel. Bapak Rawi dalam peragaannya mecoba membuka mindset kita untuk terjun keluar dari area ini dan menciptakan sebuah peluang baru yang belum banyak di garap atau sedikit pesaingnya

Sesi ke enam “Mobile Blogging” :
Say belum pernah mecoba mobile blogging namun saya begitu tertarik dengan mobile blogging. Materi ini di peragakan oleh Kuncoro, mobile blogging sukses yang tidak asing di telinga para blogger. Dalam peragaannya Mas Kuncoro menjelaskan manfaat dan keuntungan mobile blogging, bahawa ngeblog itu bisa loh dimana aja, mau didalam angkot juga bisa 😀
Selain itu Mas Kuncoro juga membimbing step by step cara membuat dan mengkases mobile blogging kita. Materi ini sangat oke banget lah sebab ini merupakan pengetahuan baru buat saya.

Sesi ke tujuh SEO :
Materi yang disampaikan murupakan SEO Basic. Walau saya sedikit kecewa 🙂 karena saya berharap materi SEO yang di bahas adalah SEO High-end, tapi setelah dipikir-pikir disini peserta yang baru mengenal istilah blog jadi materi memang di khususkan pada mereka yang terjun ke dunia blog. Selain itu SEO Basic merupakan pondasi yang sangat penting , Jika pondasi itu tak kuat maka robohlah semuanya itu. Sisi ini diperagakan oleh Agus Hary

Sesi ke delapan Moneytize Blog :
Siapa sih yang tidak mau di menghasilkan uang dari Blog? Semua orang juga pasti akan mengangkat tanggannya dan berkata “aku juga mau dapet uang dari Nge-blog”. Benar saja materi ini merupakan salah satu materi yang paling di tunggu oleh para peserta Blogilicious van Bandung. Diperagakan oleh Mubarika dan Kukuh TW. Antusias perserta begitu bersasar dan fokus pada sesi ini tampak dari sinar mata mereka harapan yang besar untuk menghasilkan uang dari Internet, Blogger dan bukan blogger bergitu penasaran dengan materi yang di bawakan oleh Mbak Rika. Materi yang di bawakannya sendiri adalah bagaimana cara medapatkan uang dari blog dan juga memperkenalkan Idblognetwork sebagai Digital Media Network terdepan dan terpercaya.

Sesi Quiz
Ini merupakan salah satu ajang yang paling di tunggu juga karena Idblognetwork bagi-bagi rezeki senilai Rp 4 juta untuk 4 orang pemenang. Di sesi ini saya masuk menjadi calon nominasi juara. Walaupun tidak berhasil membawa pulang hadiah. Acara ini begitu meriah semua orang ingin angkat tangan. Berulang kali saya mengangkat tangan tapi tidak dilihat karena mungkin saya duduk terlalu depan sehingga posisi saya tidak telihat oleh juri yang sedang di belakang.

Penutup
Terlepas dari segala kekurangan yang ada dalam pergelaran acara blogilicious ini, saya berharap mudah-mudahan acara ini dapat di adakan lagi di tahun berikutnya, karena memang setelah saya perhatikan selama ini baik sebelum acara dan sesudah acara Idblognetwork menjadi magnet yang begitu kuat untuk para blogger dan untuk mereka yang belum mengenal dunia blog pun sangat penasaran dibuatnya. Dengan begitu pantaslah Idblognetwork menjadi harapan baru bagi para blogger Indonesia dan juga jadi magnet kuat untuk memulai ngeblog sebab ngeblog itu fun, ngeblog itu funky dan ngeblog itu enak.

Advertisements

About aingindra

Blogger Indonesia - Trends - Lifestyle - Gadget - Internet - Seo
This entry was posted in SEO Kontes. Bookmark the permalink.

13 Responses to Blogilicious Van Bandung

  1. hahaha
    saya kira ini artikelnya ,.
    oh iya pendaftaran blogilicious bandung dimana ya ???

  2. Riqo ZHI says:

    Hahah, kalau ada yang ikut lomba tapi copas, berarti dia ga ikut kemarin gan! bukan blogger yang baik kalau masih copas xixixixixi!
    Salam kenal!

  3. andre says:

    tak kira udah ada artikelnya. ditunggu dah kalo gitu.

  4. iwok says:

    Kunjungan balik Ndra. salam kenal
    *kirain udah ada postingan beritanya. hehehe*

  5. Mantabs.. nembak keyword dulu nih om…??

    penetrasi pertama memang mantab susah diturunin dari SERP… wkwkwkw

  6. Jacket^Cyber says:

    Baru Judul Aja Udah di Urutan 1..
    Haiiiss…

    Sereeemm…

    Chat FB ya kang.. 😛

  7. CheNk RahMan says:

    Blogilicious Van Bandung emang keren euy….. kapan kita berkumpul lagi nih

  8. Phyqhie says:

    Waw, nulisnya belom, duduknya udah di urutan teratas..SEO tingkat dewa!! *sembah*
    salam kenal, mas..minta dong ilmu SEOnya 😛

  9. Bandung..

    Saya ga ikutan Lombanya..
    Bagi2 ilmu donk..

    yg kemaren tak praktekan hasilnya PR 3..

    😀

  10. 😀 Sukses Saya penasaran kang mana yang menang 🙂

  11. Sukses kang, moga menang kontes seonya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s