Sony Minta Maaf Karena Database di Obrak-abrik Hacker

Sony Minta Maaf Karena Database di Obrak-abrik Hacker, Sony Corp meminta maaf atas kelalaian mereka dalam pengamanan data pribadi konsumen. Sony berjanji akan mengaktifkan kembali jaringan games online PlayStation-nya setelah meningkatkan standar keamanan.

“Kembalinya sebagian layanan mungkin akan terjadi dalam seminggu,” ujar Kazuo Hirai, Executive Deputy President Sony, yang bertanggung jawab terhadap produk dan layanan jaringan.

Langkah ini harus dilakukan karena pada 20 April lalu Sony menonaktifkan jaringan PlayStation dan layanan musik digital Qriocity dengan alasan terjadi gangguan eksternal. Ternyata, saat itu jaringan PlayStation dan Qriocity tengah diobrak-abrik oleh hacker (peretas) dan mengakibatkan jebolnya 77 juta identitas pengguna kedua jaringan itu, seperti alamat e-mail, tanggal lahir, dan password.

Hirai dan dua pejabat lainnya pun membungkuk dan meminta maaf pada konferensi pers kemarin. “Kami sangat menyesal karena menyebabkan masalah dan kekhawatiran para pelanggan kami,” kata Hirai. Jebolnya data pelanggan itu juga memungkinkan peretas memiliki informasi kartu kredit mereka.

Hirai berujar, Sony telah bekerja sama dengan pihak berwenang, termasuk Biro Investigasi Federal, untuk mengejar para penyusup itu. Sony menghadapi gugatan atas keterlambatan informasi tentang adanya kasus pencurian data yang mungkin dilakukan peretas. Perusahaan ini baru mengingatkan pelanggan pada 26 April atau enam hari setelah penutupan jaringan PS dan streaming musik Qriocity. Gugatan ini diajukan pada 27 April di pengadilan federal San Francisco, AS.

Kini, perusahaan ini menyelidiki sejauh mana pencurian data terjadi. Namun, mereka belum menemukan bukti adanya kebocoran informasi pada 10 juta kartu kredit yang telah terdaftar di data Sony.

Sony juga belum menerima laporan adanya penyalahgunaan kartu kredit atau data pribadi sejak penyerangan pusat data di San Diego pada 17-19 April lalu. “Kami meyakini kode keamanannya aman,” kata Hirai.

Perusahaan ini mungkin akan membayar biaya untuk penerbitan ulang kartu kredit pelanggan dan mempertimbangkan kompensasi kepada pengguna yang kartunya telah disalahgunakan peretas. “Kompensasi ini mungkin akan berpengaruh pada pendapatan Sony,” ujarnya.

Sumber : Kontan
Advertisements

About aingindra

Blogger Indonesia - Trends - Lifestyle - Gadget - Internet - Seo
This entry was posted in Berbagi Info. Bookmark the permalink.

3 Responses to Sony Minta Maaf Karena Database di Obrak-abrik Hacker

  1. minta maaf serta di lakukan perbaikan secepatnya lagi,biar g kehilangan pengunjung terlalu banyak

  2. renungan says:

    bahkan sony juga dibobol.
    semakin canggih saja

  3. wah bisa bisanya sony dibobol,,,gk nyangka ternyata hacker pada pinter pinter ya… tapi kepinterannya malah merugikan banyak orang,,, hmmmmm… T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s