BlackBerry Akan Merubah User Interface

Selama ini, pengguna BlackBerry harus puas dengan tampilan user interface yang “itu-itu” saja. Namun, cepat atau lambat, Research In Motion (RIM) mungkin bakal melakukan perombakan terhadap desain user interface BlackBerry.

Langkah pertama yang dilakukan RIM adalah membeli The Astonishing Tribe (TAT), sebuah perusahaan desain dari Swedia. Akuisisi terhadap TAT diumumkan 2 Desember 2010 lalu.

“TAT dikenal dengan inovasinya dalam mendesain user interface dan memiliki pengalaman panjang menggarap teknologi perangkat bergerak dan terintegrasi,” kata David Yach, Chief technology Officer RIM, dalam blog perusahaan.

Ia mengatakan, tim TAT akan bergabung dengan tim RIM di Kanada untuk memadukan rancangan desainnya ke dalam platform smartphone ataupun tablet BlackBerry Playbook. Selama ini, BlackBerry yang awalnya memang dirancang untuk pengguna profesional hadir dengan desain yang kalah gaya di pasar konsumen ketimbang iPhone.

Desain buatan TAT selama ini banyak dipakai di sitem hiburan di mobil. Framework yang diberi nama Cascade juga dipakai 20 persen smartphone yang dijual sepanjang tahun 2010 ini. TAT mengembangkan desain user interface untuk platform Android. TAT juga memasok desain untuk Motorola, Sony Ericsson, dan Samsung. Lalu, apakah akuisisi ini akan memutus kontrak TAT dengan vendor-vendor tersebut?

“Tentu kami menghormati perjanjian yang sudah kami buat dan tetap melayani konsumen tetap dan memastikan bahwa kedua komitmen bisa berjalan bersama,” ujar Paul Blomdahl, salah satu pendiri TAT, dalam menyikapi langkah perusahaan untuk bergabung penuh dengan RIM.

Sebelum membeli TAT, RIM sudah beberapa kali melakukan langkah akuisisi dalam beberapa tahun terakhir, antara lain, QNX Software yang memproduksi sistem operasi untuk BlackBerry PlayBook. Selama ini QNX dikenal sebagai penyedia platform untuk perangkat hiburan di mobil-mobil mewah. RIM juga membeli Torch Mobile sehingga dapat meningkatkan kemampuan browser terbarunya sehingga sejajar dengan pesaingnya. Nama Torch bahkan mendapat kehormatan untuk nama BlackBerry pertama yang menggunakan browser berbasis Web-kit.

Advertisements

About aingindra

Blogger Indonesia - Trends - Lifestyle - Gadget - Internet - Seo
This entry was posted in Berbagi Info. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s